Mata Kuliah Komunikasi Perkembangan Teknologi
Implementasi
Teknologi Komunikasi
Everest M. Rogers
Proses Implementasi Teknologi
1. Inisiasi
Ialah :
mengumpulkan segala informasi teknologi komunikasi baik positif maupun negatif,
dalam inisiasi ini terdiri dari 2 bagian, yaitu:
a) Agenda Setting
Yaitu :
munculnya ide untuk mengadopsi teknologi komunikasi demi menyelesaikan
permasalahan yang muncul, agenda setting di sini memiliki arti juga bahwa
mencari informasi tentang teknologi-teknologi baru.
b) Maching
Yaitu :
kesesuaian atau kecocokan teknologi komunikasi dengan kebutuhan, kemampuan
untuk mengadopsi.
2. Implementasi
Yaitu : seluruh
kegiatan yang dilakukan untuk menggunakan teknologi komunikasi
Implementasi
terdiri dari
a)
Redefining ialah : mengatur/menyusun/mengubah
mental atau kebiasaan untuk keperluan teknologi komunikasi yang dimaksud.
Proses maching
dan redefining merupakan proses yang bertautan ketika proses ini terjadi kita
juga harus melihat budaya kita. Pada
tahap redefining secara tidak langsung mengubah kebiasaan kita karena teknologi
itu juga mengubah kebiasaan kita.
Example : korang yang biasanya selalu
jalan-jalan untuk petualan ia menjadi pendiam dirumah karena dia memasang
layanan internet dirumahnya
b)
Clarifiying ialah
:menyakinkan kepada diri sendiri atau orang lain tentang seluk beluk teknologi
komunikasi tersebut sehingga teknologi tersebut tidak asing lagi
Example : orang
tang telah mengenal BlackBerry dan orang lain telah mengenalnya juga maka dapat
dipakai juga sama orang lain.
c)
Rautinizing ialah :
teknologi tersebut telh menjadi kebiasaan atau kebutuhan sehari-hari
Perspektif Teknologi Komunikasi terdiri
dari empat bagian yaitu:
1.
Teknosentrik yaitu :Disini
memandang bagaimana teknologi mengubah masyarakat
2.
Sosiosentrik yaitu :Bagaimana
lingkungan yang ada menciptakan teknologi, dimana teknologi ada karena
kebutuhan sosial.
3.
Konflik yaitu :Dimana
teknologi dapat muncul karena konflik kepentingan atau kebijakan politik
Example : TV
Digital
4.
Desain
Sistem yaitu :Dari tiga sistem yang telah ada dapat mengubah kebiasaan
masyarakat, karena dari tiga sistem tersebut dapa€t menciptakan teknologi baru.
Adopsi Teknologi Komunikasi, ialah :
1. Relative Advantage ( Keuntungan Relatif )
2. Compability ( Kesesuaian )
3. Complexity ( Kerumitan )
4. Triability ( dapat dicoba )
5.
Observability (
Diamati )
Tipe-tipe Adapter Teknologi
1.
Inovator
2.
Adaptor
awal (orang yang pertama kali memakai teknologi/opnion leader )
3.
Mayoritas
awal (orang yang paling update teknologi)
4.
Mayoritas
akhir
5.
Kelompok
tertinggal
....
BalasHapus